Tips Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat

Advertisement
Advertisement
Tips Cara Merawat Ikan Mas Koki di Toples maupun di Aquarium Agar Cepat Besar dan Sehat- Siapa yang tidak mengenal dengan ikan yang satu ini. Ikan yang memiliki nama latin (Carassius Auratus) adalah pertama kali bisa didomistikasikan, dipelihara dan dibudidayakan oleh manusia. Setiap jenis ikan koki atau ikan mas koki mempunyai keunikannya sendiri. Sebagian dari jenis ikan koki tersebut terkadang harga nya cukup mahal. Ikan Mas koki, atau sering disebut dengan ikan koki adalah ikan yang berasal dari negara cina, sebenarnya ini termasuk dalam jenis ikan mas.

Ikan yang bentuk tubuhnya bulat dan pendek ini punya banyak jenis, bahkan tercatat ada 130 jenis ikan mas koki yang tersebar ke penjuru dunia. Memelihara ikan mas koki merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain bentuknya yang cantik. Akan tetapi dibalik itu semua ternyata ikan mas koki sulit dipelihara apalagi buat para pemula yang baru terjun ke dunia perikanan. Karena ikan mas koki mudah mati.

https://miefbird.blogspot.com/2018/04/tips-cara-merawat-ikan-mas-koki-agar.html


Anda yang berharap ikan mas koki anda agar cepat besar, lah kok malah mati duluan. Apalagi jenis ikan anda jenis ikan mas koki termahal. Apa salah anda? Masalah ini biasanya disebabkan karena cara memelihara ikan mas koki yang kurang benar. Nah jika anda berniat memelihara ikan mas koki, anda harus tau cara merawat ikan mas koki dengan baik agar ikan mas koki dalam akuarium hias anda cantik, Sehat dan kuat. berikut adalah tips, cara merawat ikan mas koki dan langkah - langkahnya.

Membuat Ikan Mas Koki Beradaptasi

Setelah anda memebeli jenis ikan mas koki pilihan anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah Membuat ikan mas koki beradaptasi adalah langkah awal yang sangat penting, agar supaya ikan mas koki pilihan anda tidak stres dalam lingkungan baru dan akhirnya berujung dengan kematian. Caranya anda harus memasukan ikan mas koki beserta kantong plastiknya ke dalam akuarium hias anda, dan biarkan mengapung selama kurang lebih satu jam.

Memilih Tempat Yang Tepat Untuk Ikan Mas Koki

Jika anda menginginkan ikan mas koki untuk mempercantik ruang kerja dengan menempatkan ikan mas koki dalam wadah yang kecil ( stoples atau gelas kaca) adalah hal yang salah dalam merawat ikan mas koki. Karena Ikan mas koki membutuhkan oksigen yang cukup untuk bertahan hidup. Jadi wadah kecil sangat tidak memungkinkan untuk menampung volume air yang banyak dan pastinya oksigen yang dibutuhkan ikan mas koki sangat minim dalam wadah yang kecil. Untuk itu akuarium adalah tempat yang cocok dalam memelihara ikan mas koki.

Memasang Aerator Di Akuarium Hias Agar Ikan Tercukupi Oksigen

Aerator untuk cara merawat ikan mas koki, memamasang aerator setelah langkah memilih tempat yang tepat untuk ikan mas koki "akuarium" , langkah selanjutnya adalah memasang aerator pada akuarium. Fungsi dari aerator adalah mengalirkan udara di air, yang akhirnya menjadikan air melimpah oksigenya. Selain itu, ikan mas koki akan merasa nyaman, karena seperti hidup di habitat aslinya.

Menambahkan Filter Akurium Agar Ikan Mas Koki Sehat

filter akuarium untuk cara merawat ikan mas koki. Seperti yang sudah di katakan, untuk merawat ikan mas koki yang paling terpanting adalah kualitas air. Ketika air bersih dan jernih, ikan mas koki akan sehat dan terbebas dari penyakit, selain itu Ikan mas koki akan bergerak dengan aktif karena air tidak keruh.

Untuk itu pemasangan filter pada akuarium sangatlah penting. Untuk memasang filter akuarium, anda bisa memilih dari berbagai jenis filter akuarium. Silahkan pilih jenis filter akuarium yang cocok untuk anda, baik jenis fiter akuarium yang mekanik, kimiawi maupun biologi.

Takaran Yang Tepat Untuk Makanan Ikan Mas Koki

Pengaturan dalam pemberian pakan ikan mas koki adalah hal yang harus anda perhatikan dalam cara merawat ikan mas koki. Terlalu banyak memberi makan ikan mas koki tidaklah bagus, karena air akan menjadi keruh dan akan beracun, terlalu sedikit juga kurang bagus, kerena ikan mas koki anda akan kurus.

Berikan takaran yang pas, jangan berlebih dan jangan kurang, yang terpenting dalam memeberi makan ikan mas koki adalah 1 kali dalam sehari. Anda bisa memeberikan makanan alami untuk ikan mas koki seperti misalnya cacing darah, Cacing sutra kutu air dan lain sebagainya. Atau juga bisa anda berikan makanan buatan "pelet"

Memilih Lampu Akurium Yang Tepat Agar Akurium Hias Semakin Cantik

Anda juga bisa menabahkan lampu akuarium dalam merawat ikan mas koki. Sebenarnya lampu akuarium tidak terlalu berpengaruh dalam kesehatan ikan mas koki, akan tetapi pemberian lampu ini bertujuan untuk mempercantik akuarium saat dilihat. Untuk lampu, bisa anda gunakan lampu pijar yang redup. Lampu pijar yang redup sedikit lebih hemat dibanding lampu pijar yang terang. Selain itu, lampu pijar redup lebih baik dalam menghantarkan panas dibanding dengan lampu pijar yang terang.

Pemberian Media Hias Kerikil Supaya Keasaman Air Akurium Terjaga

Sebetulnya untuk menghias akuarium agar tapak indah ada banyak media seperti terumbu karang, kerikil dan sebagainya. Namun dalam merawat ikan mas koki yang terpenting adalah kesehatan ikan. Terumbu karang memanglah terlihat bagus nan indah, akan tetapi terumbu karang bisa membuat air akurium menjadi asam.

Nah, ketika air akuarium untuk hidup ikan mas koki terlalu asam akan mengganggu kesehatan ikan mas koki anda. Yang tepat untuk menghias dasar akuarium adalah kerikil, karena tidak memepengaruhi keasaman air akuarium.

Demikian Tips Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Sehat dan Cepat Besar ini, semoga anda tidak merasa kesulitan dalam mempraktekanya dan semoga ikan mas koki anda semakin sehat dan bertahan lama.

Advertisement