Mengenal Jenis Hamster Paling Populer di Indonesia

Advertisement
Advertisement
Mengenal Jenis Hamster Paling Populer di Indonesia- Hamster adalah binatang sejenis hewan pengerat, terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang kecil membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana dan tidak memerlukan kandang yang terlalu besar untuk merawatnya. Hamster termasuk ke dalam subfamili Cricetinae. Di Indonesia saat ini terdapat berbagai jenis hamster yang dikelompokkan menjadi 5 macam, yaitu: Hamster Syrian, Hamster Mini Campbell, Hamster Mini Winter White, Hamster Mini Roborovski, dan Hamster Mini Hybrid.

Jenis Hamster yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah hamster syrian. Mengapa hewan hamster ini bernama syrian? Karena hamster syrian atau bisa di sebut juga hamster suriah ini di temukan oleh professor Aharoni dan hamster Syrian ini berasal dari timur tengah terutama Israel dan Suriah.Hewan kecil dan imut yang satu ini merupakan hewan yang banyak digemari oleh masyarakat dengan berbagai kalangan dan usia, yang paling suka dalam merawat hamster ialah dari kalangan pelajar dan juga anak-anak, karena dengan sifatnya yang jinak dan bentuk tubuhnya kecil, mungil, lucu menggemaskan juga tingkahnya lincah dan ceria..

Namun Walau begitu ada beberapa jenis- jenis hamster terkenal dengan kegalakannya dan suka menggigit siapa saja yang mengganggunya, sebut saja jenis hamster campbel. Untuk itu sebelum kita membeli hamster ada baiknya kita mengetahui jenis jenis dan harga hamster. Berikut ini adalah jenis Hamster Paling Populer di Indonesia.

https://miefbird.blogspot.com/2018/03/mengenal-jenis-hamster-paling-populer.htm


 Jenis-Jenis Hamster Paling Populer di Indonesia Lengkap dengan Karakter dan Sifatnya


1. Hamster Syrian
Hamster suriah atau yang lebih dikenal dengan sebutan hamster emas.Hamster ini sesuai dengan namanya hamster suriah yang hidup didaerah semi gurun yang terdapat semak semaknya. Kelebihan hamster syrian adalah mempunyai ukuran yang besar dan mempunyai gerakan yang lambat.Hmaster ini sangat cocok dipelihara anak-anak karena mudah dipegang dan jinak.Selain itu hamster syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memilki bulu panjang dan mempunyai sifat penyendiri.

Kekurangan jenis hamster ini adalah biaya perawatan yang relatif mahal, di Indonesia sendiri hamster jenis ini kurang populer.

Nama latin dari Hamster syrian adalah Critetinae Mesocritetus Auratus.Untuk ukuran dewasanya berkisar 12-20 cm sedangkan batas umur rata-rata sampai 3 tahun.Umur siap kawinnya relatif cepat antara 2- 3bulan untuk masa kehamilan rata-rata 15-20 hari.

2. Hamster Winter White
Hamster ini dikenal dengan sebutan hamster kerdil putih Rusia.Hamster ini hidup di Siberia atau didataran tinggi Rusia.Hamster ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan Hamster Campbell.

Kelebihannya adalah lebih jinak dan mempunyai sifat yang unik pada bulunya.Apabila anda tempatkan pada suhu normal bulunya bisa berubah menjadi putih dan warnanya akan kembali keaslinya apabila dikembalikan pada suhu normal.Sedangkan kelemahannya hamster ini lebih menghabiskan waktunya untuk tidur daripada bermain.Hamster ini juga suka menggigit dan galak.

Nama latih Hamster Winter White Phodopus Sungorus Sungorus yang mempunyai sifat pemalas.Ukuran dewasanya sekitar 9-12 cm dan batas umur rata-rata 2,5 tahun.Umur siap reproduksi tergolong lama antara 4-5 bulan sedangkan untuk masa kehamilan berkisar 15-21 hari.

3. Hamster Panda
Hamster jenis ini memilki corak yang begitu unik bulunya yng berwarna seperti panda.Ukurannya relatif lebih besar dibandingkan dengan ukuran hamster jenis lainnya.Hati-hati jika berdekatan dengan anak-anak karena hamster ini sangat agresif dan suka menggigit.

4. Hamster China
Jenis Hamster ini hampir tidak ada di Indonesia.Adanya didaerah China.Hamster jenis ini jarang yang memeliharanya karena susah dicari dan harganya cukup mahal.

5. Hamster CampbelL
Hamster Campbel adalah Hamster mini yang paling banyak memiliki variasi warna dan bulu.Hamster Campbel atau Hamster kerdil ditemukan oleh W.C.Campbell pada tahun 1902 di Tuva (Tiongkok-rusia) karena itulah Hamster ini dinamakan Hamster Campbell.Hamster Campbell memiliki sifat lebih berani dibandingkan dengan jenis lainnya. Baca juga Harga Kandang Hamster.

Hamster ini memilki gelar sebagai hamster galak karena suka menggigit akan tetapi hal ini bisa ditangani dengan cara memberikan perlakuan yang lembut dan kasih sayang.Habitat aslinya dipadang rumput,padang pasir dan semi gurun.Hamster jenis ini tidak suka dalam keadaan lembab,panas,berangin,basah,berair.

Kelebihan Hamster Campbell memilki banyak variasi warna dan tipe bulu.Sehingga anda dengan sesuka hati bisa memilih warna dan bulunya.Selain itu ada tantangan tersendiri untuk menjinakkan hamster jenis ini.

Kekurangannya adalah hamster ini mimiliki sifat yang galak dan suka menggigit maka tidak cocok bagi anda yang tidak suka digigit maupun dekat anak-anak.

Nama latin dari Hamster Campbell adalah Cricetinae Phodopus Campbell salah satu jenis Hamster yang suka menggigit dan mempunyai sifat galak.Untuk ukuran dewasa biasanya berkisar 9-15 cm.Untuk batas umur rata-rata 2-2,5 tahun apabila anda merawatnya denganbaik.Untuk umur siap kawinnya rata-rata cepat antara 2-3 bulan dan masa kehamilannya rata-rata kurang dari 20 hari.Hamster jenis ini biasanya hidup berkoloni atau kelompok.

6.Hamster Roborovski
Nama latin dari Hamster Roborovski adalah Cricetinae Phodopus Robovski yang mempunyai karakter lincah dan suka melompat akan tetapi penakut.Ukuran dewasanya mencapai 4-5 cm.Sedangkan batas hidupnya rata-rata berumur 3-4 tahun.Untuk umur siap kawin tergolong lama yaitu antara 7-8 bulan.Untuk masa kehamilan 20-30 hari.

Hamster Roborovski juga jenis hamster yang paling terkecil dan tercepat dibandingkan jenis lainnya.Hamster ini biasanya hidup digurun gobi,padang pasir Mongolia dan Tiongkok Utara.Hamster Roborovski biasanya akan menggali lubang ditanah antara 60-200 cm didalam tanah sebagai tempat tinggal.

Hamster jenis ini memilki gerakan yang sangat lincah,melompat dan suka berlari.Biasanya cenderung lebih takut kepada manusia.Pada umumnya hamster jenis ini hanya mempunyai 2 jenis warna normal dan white face.

Kelebihan hamster ini biasanya banyak dipelihara orang karena mukanya yang lucu dan ukurannya yang kecil dan suka bermain. Sedangakan kekurangannya adalah hamster ini susah untuk dipegang karena kebiasannya yang suka melompat selain itu hamster ini juga tergolong penakut.

7.Hamster Hybrid
Hamster ini lahir dari persilangan antara hamster campbell dengan winter white.Biasanya hamster ini hanya beredar dikalangan para penghobi hamster. Harganya cukup mahal karena dianggap sulit untuk mengembangkannya.

Kelebihan Hamster Hybrid yaitu karakternya hampir sama dengan hamster winter white.Sedangkan kekurangannya hamster ini lebih rawan terkena serangan penyakit seperti diabetes maupun tumor.

Hamster termasuk dalam ordo rodentia atau hewan pengerat yang bisa dikategorikan sebagai kerabat tikus.Hamster termasuk binatang malam apabila siang waktunya banyak dihabiskan untuk tidur sedangkan malam hari buat bermain,berkembang biak dan mencari makan.

Setelah anda Mengenal Jenis Hamster Paling Populer di Indonesia dan karakternya mungkin anda sudah dapat mengira-ngira jenis apa yang cocok untuk anda pelihara.Semoga bermanfaat.Terima kasih.

Advertisement