Cara Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Berkicau

Advertisement
Advertisement
Burung madu saat ini banyak dipelihara, baik untuk dilombakan (terlebih di Sumatera), atau jadikan masteran untuk burung kicauan yang lain seperti muraibatu, kacer, dll.untuk pakan paling utama burung kolibri adalah nektar, yakmi cairan kaya gula yang ada di dalam bunga.bukan hanya burung kolibri saja yang menyukai nektar, pleci serta serindit juga menyukai nektar. Tetapi saat ini keberadaan nektar semakin sulit ditemukan, seiring dengan berkurangnya luas hutan akibat penggundulan hutan dan pesatnya pembangunan di hampir seluruh wilayah indonesia.

Sesungguhnya nektar buatan yang berbentuk serbuk juga sudah banyak di perjual belikan di pasar-pasar maupun kios burung, nektar berbentuk serbuk. Namun tak tahu pasti, apakah bahan pembuatannya murni nektar dari bunga tanaman, atau terbuat berbahan sintetis. Dari pada bingung, salah satu cara yang realistis dan masuk akal adalah dengan membuat nektar buatan. Memang secara kualitas tidaklah sama dengan nektar alami, tetapi setidaknya dapat mencukupi kebutuhan burung kicau akan nektar. Nah di sini kami akan mencoba memberikan tips cara membuat nektar buatan yang dapat anda buat sendiri di rumah dari beberapa
bahan yang gampang diperoleh di seputar kita. berikut tips Cara Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Berkicau :

Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Berkicau

Cara Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Berkicau


Bahan dan peralatan membuat nektar:

* Air bersih
* Gula pasir putih, yang tidak mengandung pemanis buatan.
* Pan atau panci logam yang bersih, tidak berkarat.
* Sendok yang bersih.

Catatan:

Seluruhnya bahan dan peralatan di atas memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. karena yang akan kita buat adalah cairan gula yang mudah tekontaminasi oleh bahan/peralatan yang berkarat atau kotoran yang lain.

Cara pembuatan:

Mencampurkan gula serta air dengan perbandingan 4:1. campur air gula ke panci, lalu aduk hingga gula benar-benar larut dalam air.

panaskan air gula lewat cara merebusnya di atas kompor, dengan setelan api kecil, untuk menolong sistim pelarutan agar gula benar-benar menyatu dalam air. bila tidak di panaskan, gula yang belum larut akan menempel dan menumpuk di bagian basic.

Yang perlu di perhatikan dalam merebus air gula yaitu senantiasa melindungi supaya air gula tidak mendidih kurun waktu lama, lantaran dapat merubah rasio air serta gula di sebabkan penguapan.

Setelah gula benar-benar larut dengan air, angkat panci dari kompor. biarkan larutan menjadi dingin, untuk mendinginkan nektar dengan cepat yaitu dengan menyimpannya sebentar dalam kulkas selama 15 menit. Namun resiko memasukkan larutan panas terlalu lama dalam kulkas dapat menurunkan kemampuan kulkas.

Jangan memasukkan es batu untuk mendinginkan nektar buatan, karena dapat merubah rasio air- gula. diluar itu, burung juga tidak mau meminumnya jika larutan memiliki kadar air terlalu banyak.

Setelah suhu normal, nektar dapat diberikan kepada burung, jika masih sisa simpanlah dalam kulkas untuk keperluan lain kali.

Cara Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Berkicau




Catatan:

Air gula adalah larutan yang mempunyai perubahan amat cepat. karenanya, jauhi kerancuan dari jamur serta bakteri yang bakal mengkibatkan terjadinya fermentasi, serta dapat merugikan burung yang mengkonsumsi. jauhi larutan ini dari sinar matahari untuk periode waktu lama.

Sangatlah penting untuk melindungi kebersihan wadah nektar dalam sangkar, upayakan selekasnya ganti nektarnya dengan yang baru bila tampak telah mulai kotor.
Demikian  Cara Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Berkicau. Semoga bermanfaat & Semoga sukses. Sallam Kicau mania.!!

Advertisement