Tips mudah Merawat Burung Kacer Juara

Advertisement
Advertisement
Burung kacer adalah salah satu burung yang banyak di pelihara oleh para penghobi burung disekitar kita,burung kacer burung dengan nama latin copsychus sechellarum/ kacer jawa dengan ciri ciri warna hitam pada hampir seluruh tubuhnya hanya sedikit warna putih di sayapnya. Ada juga copsychus saularis/kacer sumatera atau juga poci dengan ciri-ciri bagian dada hingga perut berwarna putih disayap dan ekornya.Jenis burung ini yang sering kita jumpai di kalangan pecinta kacer karena sering dilomabakan.

Burung kacer merupakan salah satu burung yang sering diturunkan dalam perlombaan keunggulan burung ini adalah  mempunyai suara yang khas yaitu suara keras dan merdu,juga terkadang melengking  hal inilah yang menjadi daya tarik para penghobi burung. Jika diperhatikan warna burung kacer juga sangat indah dipandang dengan perpaduan antara warna hitam dan sedikit putih burung ini semakin terlihat sangat gagah dan unik. Baiklah sobat ada banyak hal yang harus kita lakukan dan perawatanlah yang menjadi modal utama para penghobi burung dalam mewujudkan keinginannya. Berikut dibawah ini terdapat beberapa tips mudah merawat burung kacer juara.

http://miefbird.blogspot.com/2015/08/tips-mudah-merawat-burung-kacer-juara.html


1. Kebersihan kandang Burung

Memang tidak dapat kita pungkiri bahwa kebersihan sangat penting bukan hanya untuk menjaga kesehatan burung tapi juga kesehatan pemiliknya, penghobi burung kadang banyak yang tidak sadar akan kebersihan kandang atau sangkar cukup berperan dalam proses menjadikan kualitas burung kacer super bunyi atau gacor dan memberikan pemilik rasa nyaman, enak dipandang karena kandang burung selalu bersih. Untuk menjaga itu lakukan pembersihan kandang rutin setiap hari, termasuk membersihkan kotoran burung tercinta. Perhatikan juga air minumnya, gantilah air minum setiap hari dan gunakan air yang telah dimasak atau air mineral yang banyak disekitar kita.

2. Pemberian makan pada burung kacer

Sebaiknya yang kita lakukan agar burung kacer cepat bunyi adalah mengganti makanan secara rutin jangan biarkan makanan tersebut menjadi basi atau berjamur karena terlalu banyak dan terlalu lama dalam pemberian  makanan sehingga makanan tidak lagi layak dikonsumsi oleh burung kesayangan kita. Berikanlah makanan dengan  kadar voer berprotein antara 12-18%. Dalam pemberian makanan juga perlu adanya variasi makanan karena setiap kegiatan yang dijalani burung sehari – hari berbeda tergantung berapa banyak burung akan melakukan aktivitas dalam sehari dan itu harus disesuaikan. Ini dilakukan bertujuan memenuhi kebutuhan asupan burung kacer akan mineral, karbohidrat, vitamin dan protein tercukupi.

 3. Cara pemandian dan penjemuran burung kacer yang tepat

Sebaiknya sebelum burung kacer dimandikan gantangkan dulu burung di teras selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu burung dapat dimandikan tergantung kebiasaan masing – masing burung tersebut dapat menggunakan keramba ataupun di semprot, memandikannyapun jangan terlalu lama dilihat bulunya jangan terlalu basah.Untuk penjemuran burung kacer dapat dilakukan tiap hari, perlu diperhatikan juga ketika anda menjemur burung kacer, sebaiknya tidak didekatkan pada burung kacer lain. Jangan lupa, selama kurang lebih 10 menit, angin-anginkan burung di teras dan setelah itu burung kacer kembali dikerodong.

4. Pemasteran burung kacer 

Saat istirahat adalah saat yang tepat untuk memaster burung kacer kesayangan, hal ini dilakukan agar burung kacer semakin lancar dalam mengingat kicauannya sehingga dapat dengan mudah berkicau dengan lantang. Beberapa master untuk burung kacer dapat dilakukan dengan burung master atau menggunakan media elektronik seperti CD, Kaset atau yang lainnya sekarang banyak dijual di pasaran. Pemasteran burung kacer sangat efektif bila burung dalam kondisi dikerodong dan dilakukan pada siang hari sampai sore hari antara jam 10.00 - 15.00. Apabila perlu juga dilakukan pada malam hari sampai pagi. Supaya hasil yang diperoleh maksimal dan burung sangat siap untuk melantunkan suara kicauannya yang merdu.

Berikanlah juga asupan gizi tambahan berupa extra food atau biasa disebut EF. Pemberian dosis EF kacer, anda bisa memberikan jangkrik 2-3 pada pagi dan sore hari. Ketepatan dalam pemberian makanan yang berkualitas akan membuat kacer rajin berkicau dan sedikit demi sedikit akan membangun mental juara burung kacer melalui perawatan yang konsisten. Lingkungan juga perlu diperhatikan, karena jika selalu terganggu maka akan berpengaruh pada mental dan suara kacer itu sendiri.

Dari rangkaian kegiatan di atas dapat kita simpulkan bahwa Tips Mudah Merawat Burung Kacer Juara sbb:

Perawatan Harian
- Pada pukul 07.00 burung diangin-anginkan di teras kurang lebih selama 30 menit. Pukul 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
- Selanjutnya bersihkan kandang harian jangan lupa ganti atau tambahkan voer dan air minum.
- Selanjutnya berikanlah Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF. Perlu kita perhatikan juga jangan memberikan jangkrik secara langsung pada burung.
- Untuk penjemuran dapat dilakukan kurang lebih selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, biasakan burung dijauhkan dengan burung sejenis.
- Setelah burung di jemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 30 menit, sangkar dikerodong kembali siang sampai sore hari pukul 10.00-15.00 burung dapat di master dengan suara master atau burung-burung master lainnya.
- Pada pukul 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras selama 30 menit, boleh dimandikan bila perlu.
- Berikan pula jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
- Pada pukul 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

Semoga tips mudah merawat burung kacer diatas dapat memberi manfaat dan berguna...Sallam kicau..

Advertisement