Tips Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung/Moulting/Ngurak

Advertisement
Advertisement
Tips Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung/Moulting/Ngurak- Mabung, ngurak, (molting) adalah rontok, berganti bulu, atau meranggas, adalah bergantinya bulu yang lama ke bulu yang baru yang terjadi secara periodik. Pada burung punglor seperti anis merah, anis cendana, anis kembang, dan sebagainya, proses mabung di alam liar biasanya dimulai sesudah bergantinya musim, baik awal penghujan maupun awal kemarau. Namun untuk pemeliharaan dalam sangkar, tidak ada ketentuan baku mengenai waktu mabung. Yang pasti pada saat mabung anda harus lebih memperhatikan anis merah anda dan harus mencukupi segala kebutuhan nutrisinya.

Karena anis merah sepanjang masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari keseluruhan protein yang ada didalam badan burung. Ini berarti Anda harus mengganti kebutuhan protein yang terserap dengan cara memenuhi semua kebutuhan gizi AM Anda. Bulu-bulu serta selongsong bulu terdiri atas kian lebih 90% protein, terutama protein yang dimaksud keratins. Protein bulu tidak sama dengan protein pada badan serta telur dan membutuhkan jumlah seimbang yang tidak sama atas asam amino (pembangun sel atau blok protein).

Yang harus anda lakukan perawatan dengan lebih intens pada saat mabung tersebut, yang meliputi pemberian pakan, pemberian multivitamin, dan juga kebersihan sangkarnya. Sistem ini sangatlah utama untuk burung serta badan burung mesti bekerja ekstra untuk memperoleh gizi dan perawatan yang pas untuk membuat bulu dengan cara prima. Jika proses mabung terhambat / terganggu, waktunya bisa lebih lama lagi, dan sangat dimungkinkan burung macet bunyi. Jadi diperlukan rawatan tepat untuk punglor mabung sebelum macet bunyi. Nah untuk memudahkan Anda dalam merawat anis merah yang meranggas sehingga pada kesempatan ini kami akan berbagi Tips Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung/Moulting/Ngurak.

http://miefbird.blogspot.com/2016/08/tips-cara-jitu-perawatan-anis-merah.html
Tips Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung

Tips Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung/Moulting/Ngurak


1. Cek kondisi anis merah

Hal yang pertama adalah mengecek kondisi anis merah anda terlebih dahulu. Yang pertama yang bisa anda cek adalah apakah anis merah anda terjangkit virus penyakit atau tidak, misalnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu baru ketika anis merah sedang mabung. Anda bisa meminta tolong kepada dokter hewan di sekitar lingkungan anda. Yang kedua adalah membasmi atau menyingkirkan parasit pengganggu seperti cacing, kutu, dan mikroba.

2. Pemandian dan penjemuran

Untuk anis merah yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan anis merah yang mabung karena dapat menghambat pertumbuhan bulu baru. Utuk penjemurannya, durasi maksimal yang kami sarankan adalah 20 menit saja setiap hari. Bahkan jika memungkinkan, anda tidak perlu membersihkan kotorannya selama tidak berjamur. Tetapi jika berjamur segera bersihkan agar tidak mendatangkan penyakit.

3. Pemberian pakan

Yang utama saat merawata anis merah mabung adalah pemberian pakan. Pakan yang dimaksud di sini adalah pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan anis merah saat mabung. Pakan yang baik untuk anis merah yang sedang mabung adalah yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya bisa ditambah dari hari biasa karena kebutuhan nutrisinya juga bertambah.

4. Extra Fooding (EF) dan multivitamin

Anda juga sebaiknya memberikan multivitamin dan extra food yang tepat, selain makanan pokok. EF yang cocok untuk anis merah yang sedang mabung adalah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 4 ekor di pagi hari dan 4 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda bisa memberikannya 1 sendok saja setiap pagi. Multivitamin juga sangat penting dan bisa anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang tepat untuk anis merah yang sedang mabung/molting adalah pepaya, karena pepaya banyak mengandung vitamin C yang dapat memperkuat ketahanan tubuh anis merah
dan melancarkan proses metabolismenya.

5. Penempatan gantangan

Pada saat mabung anis merah sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian karena dapat mengganggu konsentrasi anis merah. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu (tikus,kucing, anjing). Untuk pengerodongan, anis merah yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada saat dijemur dan dimandikan.

6. Pemasteran/mastering

Saat anis merah sedang mabung, anda bisa melakukan mastering/pemasteran setiap hari agar hasilnya maksimal. Karena pada saat masa mabung, anis merah lebih banyak diam dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melakukan mastering suara. Mastering bisa anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung spesialis mastering yang sesuai dengan jenis suara anis merah anda.

Baca juga:
Cara Mengatasi Burung Anis Merah Susah Ngeplong.
Makanan Wajib Bagi Burung Anis Merah Supaya Cepat Gacor.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Perawatan Anis Merah Saat Mabung/Molting Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih. Semoga sukses.!!!

Advertisement