Cara Mengatasi Pleci yang Bersuara Serak Secara Cepat dan Alami

Advertisement
Advertisement
Cara Mengatasi Pleci yang Bersuara Serak Secara Cepat dan Alami- Pleci merupakan burung berkicau yang saat ini namanya tengah melambung di kalangan kicau mania. Berbekal suara yang banyak dinilai cukup lantang, merdu dan bervariasi menjadikan modal utama ketenaran burung yang gemar berkoloni ini. Apalagi kalau sudah mampu ngalas dan bersuara keras (tidak serak), maka Anda akan terpesona melihatnya. Selain dari keindahan suara dan gaya, mungkin juga karena banyaknya kontes/ lomba burung pleci yang diselenggarakan diberbagai daerah, misalnya latber dan latpres. pleci sendiri bisa menirukan suara - suara burung lain sesuai pemasteran yang diingikan sang pemilik.
Baca: Cara Terbaik Pemasteran Pleci Agar Cepat Gacor.

Untuk mendapatkan pleci impian di atas tidaklah sulit kita perlu melakukan perawatan yang baik, sabar, dimulai dari pakan sampai kandang burung pleci tidaklah rewel atau apik dan tentunya didukung juga oleh kemampuan bawaan pleci. Namun dibalik itu semua pleci juga rawan terserang rangkain masalah salah satu yang sering pleman alami mungkin masalah serak pada suaranya. Dan itu sangat menggagnggu sekali. Karena jika pleci suara serak tentu akan membuat kicauannya menjadi lemah dan tidak jelas. Karena yang namanya burung berkicau suara merdu nan indah adalah syarat mutlak yang harus dimiliki. Penyebab pleci bersuara serak pada umumnya karena adanya luka/infeksi pada tenggorokan.

http://miefbird.blogspot.com/2016/08/cara-mengatasi-pleci-yang-bersuara.html
Cara Mengatasi Pleci yang Bersuara Serak Secara Cepat dan Alami

Maka jika burung pleci kesayangan Anda bersuara serak maka harus secepatnya di beri perawatan khusus agar kondisinya tidak bertambah parah. Ada beberapa solusi yang bisa kita terapkan pada pleci yang terserang serak. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak tips Cara Mengatasi Pleci yang Bersuara Serak berikut ini:


1. Rebus beberapa daun saga dengan air 2 gelas dan tambahkan 2 sendok gula. Tunggu hingga mendidih, angkat dan saring rebusan tersebut. Biarkan dingin, setelah dingin taruh pada cepuk kecil (agar air tersebut tidak digunakan burung untuk mandi). Berikan untuk minum burung sampai tanda-tanda serak mulai menghilang.

2. Menggunakan air larutan penyegar rasa buah. Berikan air larutan tersebut untuk minum burung (ingat, taruh pada cepuk yang kecil). Pemberian dilakukan sampai suara serak hilang.

3. Menggunakan air teh manis yang hangat. Taruh air teh pada cepuk kecil dan berikan pada burung hingga tanda-tanda suara seraknya hilang.

Sebenarnya ada banyak produk yang bisa digunakan untuk mengobati suara pleci yang serak yang bisa didaatkan di pet shop atau toko pakan burung dengan berbagai merk. Tetapi jika anda ingin membuat sendiri ramuan untuk pleci serak anda tinggal mengikuti panduan di atas tadi. Ketahui juga penyebab munculnya suara pleci serak di bawah ini.

Penyebab Munculnya Suara Serak Pada Pleci

1. kesalahan penjemuran, biasanya disebabkan karena terlalu lama ketika menjemur dan waktu yang tidak tepat saat penjemuran 
2. sirkulasi ataupun kualitas udara yang buruk ( pengaruh cuaca). 
3. air minum yang dikonsumsi burung jarang diganti dengan air minum yang baru. 
4. Salah pakan, biasanya burung memakan makanan ( kroto ) yang telah basi dan ini harus di hindari. 
5. Adanya gangguan atau infekesi pada saluran pernapasan.

Itu beberapa penyebab munculnya suara serak pada pleci maka dari itu kita harus lebih cermat dan jeli lagi dalam melakukan perawatan harianya. Baca juga: Cara Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras.

Demikian Cara Mengatasi Pleci yang Bersuara Serak Secara Cepat dan Alami.semoga bermanfaat & salam pleci mania.

Artikel terkait:
pleci serak, solusi pleci bersuara serak, menaikan volume pleci, mengatasi pleci serak, pleci serak, cara mengatasi pleci serak, cara mengobati pleci serak, mengobati pleci serak, obat pleci serak, suara pleci serak, obat pleci suara serak, cara mengatasi suara serak pada pleci, menambah volume suara pleci, terapi pleci bersuara serak.

Advertisement