Mengatasi Dan Penyebab Murai Batu Ngelowo / Ngebatman

Advertisement
Advertisement
Mengatasi Dan Penyebab Murai Batu Ngelowo / Ngebatman - Salah satu sifat alami dari burung murai batu yang paling tidak disukai penggemar burung ini terlebih sewaktu di area lomba adalah burung yang ngelowo/ngebatman/ngalong atau burung murai akan seolah-olah mau terbang tapi tidak mau berkicau saat bertemu dengan lawannya. Semua bulunya berdiri sebagaimana burung kacer yang mbedesi atau istilah lainnya mbagong. Sifat yang muncul pada karakter murai batu tersebut masih belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebabnya, Entah karena sakit atau karena alasan yang lain. Yang pasti Biasanya burung yang mengalami ini hanya akan memberikan tanda yaitu hanya melebarkan sayapnya serta akan memberikan kicau dengan suara yang relatif lirih.

Namun disini kami akan mengenali dan mencoba mengatasi apa dan bagaimana mencegah munculnya perilaku "ngelowo" pada burung murai batu tersebut setidaknya bisa menguranginya. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi salah satu penyebab burung murai batu menjadi "ngelowo" dan faktor faktor tersebut diantaranya :

Mengatasi Dan Penyebab Murai Batu Ngelowo / Ngebatman

Mengatasi Dan Penyebab Murai Batu Ngelowo / Ngebatman



Penyebab burung Murai di dapati dalam kondisi ini adalah dikarenakan beberapa hal, di antaranya adalah :

Proses jemur

Biasanya dalam pola perawatan burung Murai Batu Anda akan mendapati proses penjemuran yang merupakan tahap setelah burung di mandikan dengan semprotan. Penjemuran ini di lakukan hanya beberapa menit saja, bukan untuk berjam-jam. Jika Anda melakukan proses penjemuran yang terlalu lama maka akibatnya adalah burung Murai  Batu Anda bisa mengalami kondisi nge”lowo”.

Over birahi

Nge”lowo” juga bisa di sebabkan oleh kondisi burung Anda yang dalam kondisi over birahi. Mungkin akibat pemberian jangkrik yang berlebihan atau sebab lain sehingga burung Anda mengalami over birahi.

Kalah mental

Burung juga bisa mengalami down, setelah burung tersebut bertarung kemudian dia kalah maka untuk menunjukkan ekspresi kekalahannya dia menunjukkannya dengan cara nge”lowo”.

Mental yang kurang terlatih

Burung Murai Batu tidak memiliki bakat dan mental bertarung secara alami, hal itu harus Anda latih. Oleh karena itu janganlah mengikut sertakan dalam lomba burung Murai Batu yang masih muda karena tentu saja mental yang di milikinya masihlah jelek atau belum sama sekali terlatih. Burung Murai Batu yang masih muda masih dalam tahapan dorong ekor sehingga memerlukan waktu yang lebih untuk bisa ikut serta dalam perlombaan. Burung Murai Terlalu jinak atau terlalu sering diganggu dengan tanggan.

Anda bisa mengatasi beberapa penyebab dari kondisi nge”lowo” burung Murai Batu yang terjadi di atas. Di antaranya dengan melakukan penjemuran dengan durasi waktu yang lebih pendek, mengurangi dosis pemberian makan jangkrik, melakukan pemandian burung di malam hari untuk lebih mengurangi birahi yang di alami burung serta menempatkan burung Murai Batu ke kandang untuk umbaran, dengan begitu di harapkan burung Murai Batu ini bisa lebih aktif bergerak yang bisa lebih menstabilkan birahi yang di rasakannya, selain itu dari pengalaman beberapa member di forum kicau mania salah satu cara yang dilakukan adalah dengan cara menyuntikan obat penambah darah (sangabion, sakatonik) ke jangkrik yang dilakukan selama 3 hari berturut turut.

Demikian Mengatasi Dan Penyebab Murai Batu Ngelowo / Ngebatman. Semoga bermanfaat & Sallam MB Mania..

Advertisement