Cara Mudah Agar Pleci Mau Mengeluarkan Suara Isian

Advertisement
Advertisement
Cara Mudah Agar Pleci Mau Mengeluarkan Suara Isian - Memiliki burung pleci yang memiliki suara yang keras dengan beberapa variasi lagu dan bisa keluar isian merupakan mimpi dari setiap pemilik burung pleci. Seperti kita ketahui burung Pleci termasuk salah satu burung cerdas yang dapat meniru suara burung lain. Dengan kelebihan ini pleci dapat berkicau dengan nada nada kicau burung lain. Untuk itu pemasteran menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pleman atau plecimania kalau ingin pleci andalannya mengeluarkan gacoran bervariasi. Namun terkadang kita tidak memahami karakter suara pleci milik kita sendiri, sehingga saat melakukan pemasteran tidak sesuai dengan gaya berkicau pleci itu sendiri. Hal tersebut tentu tidak akan memuaskan hasilnya ketika kita ikutkan dalam lomba burung berkicau kelas pleci. Solusi terbaik dan harus anda lakukan adalah ketahui dahulu jenis atau tipe pleci Anda, apakah bertipe ngeroll atau ngalas.

Setelah Anda yakin dengan tipe pleci yang dimiliki, kemudian baru bisa Anda tentukan jenis suara burung yang akan dijadikan sebagai master. Jika kebetulan bertipe ngerol maka suara burung master yang tepat antara lain: kenari, kolibri, blackthroat. Namun jika bertipe kedua alias Tipe ngalas jadikan suara burung kacer, tledekan cucak ijo dan murai sebagai suara masteran.

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/cara-mudah-agar-pleci-mau-mengeluarkan.html
Cara Mudah Agar Pleci Mau Mengeluarkan Suara Isian

Terkadang kita sudah melakukan pekerjaan ekstra dalam memaster, namun burung pleci kesayangan jarang sekali mengeluarkan suara isian jikalau mengeluarkan isianpun bunyinya tidak full. Jika hal tersebut terjadi pada burung pleci Anda, cobalah lakukan tips dari plecimania kawakan berikut ini:

Lakukan pemasteran secara rutin

Pemasteran burung pleci dilakukan dengan satu jenis suara dalam satu minggu. Kemudian pada minggu berikutnya bisa diganti dengan jenis suara burung lainnya, begitu seterusnya.

Gantang diantara burung pleci lainnya

Layaknya seorang penjual jamu yang sedang dikelilingi oleh para calon pembeli maka akan terus berkicau untuk meyakinkan pembelinya. Gaya seperti ini juga dapat diterapkan pada burung pleci Anda. Gantang burung pleci setiap hari di tengah-tengah burung pleci lainnya.

Lakukan Pengumbaran

Pengumbaran memang sangat bagus untuk melatih nafas burung pleci sehingga mampu berkicau dengan durasi panjang sehingga memungkinkan sang pleci mengeluarkan suara isian. Lakukanlah pengumbaran setiap hari antara pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang. Pengumbaran bisa Anda lakukan bebarengan dengan penjemuran, taruh pleci pada kandang berukuran besar dan posisi tangkringan dibuat saling berjauhan. Saat melakukan pengumbaran sebaiknya sambil diperdengarkan suara master.

Demikian Cara Mudah Agar Pleci Mau Mengeluarkan Suara Isian. Lakukan cara tersebut secara rutin dan berikan voer dan buah-buahan yang berkualitas dan dalam keadaan segar serta makanan tambahan (EF) agar kondisi tubuh pleci tetap sehat dan bugar. Semoga bermanfaat & Sallam Pleman..

Advertisement