Cara Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras

Advertisement
Advertisement
Cara Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras - Bagi Anda para pencinta burung kicauan, tentunya Anda pasti mengenal burung mungil yang satu ini, yakni burung pleci atau burung kacamata. Burung ini memang memiliki pesonanya sendiri seperti suara kicauannya yang merdu, keras dan lantang, apalagi jika sudah keluar nada- nada isian yang keras tentu akan membuat terpesona yang mendengar. Oleh karena itu saat ini banyak para pecinta burung ocehan semakin tergila-gila pada burung pleci ini, selain dari keindahan suara dan gaya mungkin karena banyaknya kontes burung pleci atau kacamata yang banyak diselenggarakan di berbagai wilayah atau kota-kota besar baik dari kalangan lokal maupun tarap nasional.

Membawa burung pleci dalam koloni rutin, lomba ataupun latber tentu akan bangga ketika momongan pleci yang dibawa bisa bersuara lantang ketika ngalas. Namun sebaliknya jika burung pleci yang kita bawa sudah bisa ngalas dan ngeroll akan tetapi tidak memiliki volume suara yang keras sudah tentu akan menimbulkan ketidakpuasan tersendiri bagi kita sang pemilik. Karena suara kicau pleci yang keras dan nembak-nembak dengan isian komplit merupakan point pokok untuk menjuarai setiap koloni atau lomba burung Pleci.

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/cara-mendongkrak-pleci-agar-bersuara.html
Cara Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras

Lalu hal apa saja yang menjadi faktor penyebab burung Pleci masih belum bisa berkicau secara keras?. Ada beberapa faktor yang membuat burung pleci tidak memiliki suara yang keras, diantaranya seperti faktor keturunan, dan perawatan yang kurang maksimal, serta jenis pakan yang diberikan. Namun kita tak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa tips cara agar membuat burung pleci kesayangan memiliki suara yang keras.

Cara Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras

 

Pemberian Makanan

Untuk memiliki pleci yang bagus maka anda harus berikan makanan yang berkualitas, pakan yang baik adalah yang mengandung nutrisi komplit diantaranya mineral, karbihidrat dan kandungan vitamin. Anda juga harus memberikan multivitamin secara rutin serta Extra Fooding (EF) seperti jangkrik, kroto, dan UH.

Lakukan Penjemuran

Penjemuran yang baik bagi kesehatan tubuh adalah pada waktu pagi hari, sinar matahari pagi akan sangat baik bagi fisik burung dan tulang. Seandainya anda memiliki burung pleci lebih dari satu, maka sebaiknya proses penjemuran dilakukan saling berdekatan agar mereka bisa saling bersahut-sahutan dan mampu mengeluarkan suara dengan maksimal diantara burung.

Melatih Fisik

Top performance burung terjadi pada saat kondisi tubuh dalam keadaan fit, jika tubuh dalam keadaan prima maka mereka akan riang dalam berkicau dengan suara yang maksimal. Cara untuk melatih fisik pleci bisa dilakukan dengan memberi tangkringan/tenggeran dalam sangkar lebih banyak dan berjarak berjauhan, cara ini bertujuan agar pleci menjadi banyak bergerak sehingga otot dan sayap akan lebih kuat. Selain itu fungsi tangkringan yang berjauhan akan melatih nafas burung menjadi panjang dan dapat menekan kantong udara yang bisa membuat suara pleci menjadi lebih keras.

Melakukan Pengobatan Pleci

Burung pleci yang tidak mampu mengeluarkan suara yang maksimal juga bisa disebabkan karena sedang terkena infeksi / peradangan di tenggorokan atau adanya dahak yang menggumpal. Jika hal ini terjadi pada burung pleci anda maka segeralah diberikan pengobatan, anda dapat membeli obat khusus untuk menyembuhkannya di toko penjual burung. Sedangkan untuk mengobati dahak pada burung bisa dilakukan dengan menjemur burung setiap pagi.

Melakukan Pemasteran Burung Pleci

Lakukan pemasteran burung pleci anda agar mampu bersuara keras, pemasteran bisa dilakukan dengan audio mp3 agar burung mengasah kemampuannya dalam berkicau. Pemasteran juga akan memancing pleci untuk berkicau, maka secara otomatis pita suara burung akan lebih kuat dan suara pleci akan maksimal. Untuk mendapatkan mp3 suara master anda bisa baca artikel Suara Master Untuk Burung Pleci.

Itulah beberapa tips Cara Mendongkrak Pleci Agar Bersuara Keras yang bisa anda coba terapkan dalam perawatan harian burung kesayangan anda.

Advertisement