Tips Khusus Merawat Lovebird Mabung Atau Nyulam

Advertisement
Advertisement
Tips Khusus Merawat Lovebird Mabung Atau Nyulam Biar Cepat Selesai - Banyak pencinta lovebird pemula yang merasa resah saat lovebird kesayanganya mabung alias molting, bulu pada rontok dan lovebirdnya pun terlihat murung, tapi tenang lovebird yang mabung adalah hal yang lumrah dialami oleh seekor burung dan semua burung akan mengalaminya. Namun yang perlu diperhatikan dari burung yang lagi mabung itu adalah asupan nutrisi dan protein pada pakan yang cukup tinggi, protein berguna untuk merangsang pertumbuhan dan mempertahankan bulu baru, hal ini mengapa lovebird membutuhkan perawatan eksklusif saat mabung.

Karena Bulu yang hilang dan akan digantikan, selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung. Oleh karena itu berikut adalah Tips Khusus Merawat Lovebird Mabung Atau Nyulam:


http://miefbird.blogspot.com/2015/11/tips-khusus-merawat-lovebird-mabung.html


Berikut Tips Khusus Merawat Lovebird Mabung Atau Nyulam :


1. Jangan jemur lovebird, karena saat mabung lovebird tidak membutuhkan asupan sinar matahari
untuk tubuh mereka, kebalikanya mereka membutuhkan tingkat kelembabpan yang tinggi untuk mempercepat proses penumbuhan bulu.

2. Pada saat mabung lovebird akan seperti tidak mempunyai jati diri, oleh karena itu tempatkan
mereka di lokasi yang sepi agar mereka dapat fokus untuk menumbuhkan bulu-bulu mereka, banyak
breeder mengerodong berhari-hari lovebird mereka tanpa ada jeda, saya menyarankan untuk membuka kerodong 35 menit saat pagi dan sore agar kita dapat memantau juga perkembangannya.

3. Mandikan lovebird 1 minggu sekali cukup, karena pada masa perontokan bulu dan kita mandikan ini malah akan menghambat penumbuhan bulu, rekomendasi mandikan lovebird saat bulu bulu baru mulai tumbuh bukan pada saat masa perontokan.

4. Faktor terpenting adalah membangun metabolisme tubuh harus dilakukan dari dalam tubuh oleh
karena itu rekomendasi berikan telur rebus anda dapat membuat sendiri atau beli paket kemasan
eggs food karena telur mengandung biotin dan energy booster yang diperlukan burung saat mabung,
untuk extra fooding agar memenuhi nutrisi berikan juga fuji fuyamin, biji kwaci, multi vitamin
dan mineral.

5. Jangan paksakan lovebird untuk berbunyi, biarkan mereka menormalkan kondisi mereka dahulu. Jauhkan mereka dari suplemen bunyian atau doping buat lomba.


Itulah Tips Khusus Merawat Lovebird Mabung Atau Nyulam yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Dan simak terus miefbird untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. ,Sallam LbMania,,.

Advertisement