Cara Perawatan Burung Branjangan Macet Bunyi

Advertisement
Advertisement
http://miefbird.blogspot.com/2015/09/cara-perawatan-burung-branjangan-macet.html


Burung Branjangan adalah jenis burung kicauan yang banyak di gemari oleh semua pecinta burung 
kicau. Tetapi kenapa burung branjangan kesayangan kita menjadi macet bunyi,lalu dengan cara bagaimana kita merawatnya? Berikut beberapa cara merawat burung branjangan yang lagi macet bunyi.Idealnya therapy Branjangan adalah dengan mengetahui langsung ke akar permasalahannya,misalnya burung macet bunyi disebabkan oleh karena adanya kutu,pakan yang kurang bagus atau pasokan vitamin dan mineral yang kurang mendukung atau bahkan burung terkena stress.

Bila kita sudah mengetahui akar permasalahannya,maka dalam hal perawatannya pun tentu akan sangat mudah. Namun jika kita tidak mengetahui apa yang menyebabkan burung branjangan menjadi macet bunyi, maka kita bisa melakukannya dengan cara mengatur pola perawatan sebagai berikut:


1. Jaga kebersihan sangkar
Menjaga kebersihan adalah hal yang paling utama dalam perawatan burung, tak terkecuali burung
branjangan. Karena kandang yang tidak bersih cenderung akan menjadi sarang bakteri dan kutu,
yang bisa mengganggu penampilan burung. Mengganti pasir secara berkala juga menjadi salah
satu tindakan bisa mencegah munculnya bakteri atau kutu.

2. Jika burung terinfeksi kutu
Jika burung branjangan terinfeksi oleh kutu, maka penampilannya pun akan berkurang bahkan
burung cenderung akan malas berbunyi. Untuk itu pengobatan harus segera dilakukan, misalnya
dengan cara memandikan burung dengan obat kutu, atau memandikan dengan air rebusan daun
sirih yang sudah didinginkan selama satu minggu secara rutin.

3. Menggantung di ketinggian
Burung yang sedang macet bunyi sebaiknya disendirikan dahulu, namun untuk burung branjangan sepertinya sulit karena bentuk sangkarnya yang panjang. Sehingga untuk itu anda bisa menggantung sangkarnya di ketinggian misalnya dengan cara dikerek pada tiang kerekan atau digantung di loteng rumah atau pada dahan pohon yang paling tinggi.

4. Beri pakan hidup
Pakan hidup yang masih bisa bergerak adalah terapi yang baik bagi burung branjangan. Berikan pakan seperti belalang hijau atau undur-undur beberapa ekor yang langsung dimasukkan dalam sangkarnya. Dengan begitu burung akan mengejar pakan tersebut sehingga akan mengurangi stress dari burung tersebut.

5. Mandi dan jemur yang rutin.
Mandi dan jemur bisa dilakukan secara rutin, untuk mandinbya bisa dilakukan  dengan menyemprot menggunakan sprayer setelan halus, ketika cuaca sedang panas. 

6. Charge dengan betina 
Hal yang paling sering dilakukan para branjangan mania terhadap burung miliknya yang macet bunyi adalah mengecasnya dengan burung betina atau burung trotolan. Sehingga burung akan terpancing untuk berbunyi.


Itulah beberapa hal Cara Perawatan Burung Branjangan Macet Bunyi. Jika perawatan tersebut dilakukam secara rutin dan konsisten, maka burung akan cepat kembali rajin berbunyi seperti semula. Semoga bermanfaat


Advertisement