Tips Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Agar Kembali Normal

Advertisement
Advertisement
Kacer Mbagong - sejenis kacer, memang terbilang gampang-gampang susah. Dibuktikan dengan para penghobi yang mempunyai keluhan paling banyak tak lain mbagong/ngembung/ngebalon. Mbagong merupakan sifat alami dari burung kacer, namun disini kita selaku penghobi/pemelihara dituntut agar sifat yang kurang baik yang dimiliki burung kacer tersebut tidak menjadi kebiasaan yang terus menerus nantinya dilakukan.

http://miefbird.blogspot.com/2014/11/tip-cara-menangani-kacer-mbagong.html

Untuk itu kami disini akan coba ngasih sedikit Tips Cara Menangani Kacer Mbagong yang merupakan pengalaman para senior kicau mania.

Berikut Tips Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong

1. Pengaturan porsi EF, jangan sampai mengakibatkan burung ngedroop dikarenakan kekurangan EXTRAFOOD dan juga jangan sampai kelebihan memberikannya yang akan berakibat overbirahi.

2. Burung harus di embunkan,dengan di embunkan selain mendinginkan suhu tubuh burung,pada pagi buta burung dibiarkan tenang, ketenangan ini secara tidak langsung akan memulihkan staminanya dan menurunkan birahinya. Saat mengembunkan waktu yang tepat sekitar jam 05.00. Usahakan diarea itu tidak ada burung lain.

3. Kacer mandi pasir. Biarkan burung berkipu, mandi pasir seperti sering kita lihat pada ayam dam burung dara. Pasir bagi kacer berguna untuk menurunkan suhu tubuhnya, dan jika butiran dimakan oleh sang kacer, maka hal tersebut dapat membantu proses pencernaan. Ada trik yang bisa digunakan agar kacer mau mandi pasir, yakni dengan tidak memandikannya selama beberapa hari, atau kita coba letakkan beberapa ekor jangkrik atau ulat kandang di pasir, diharapkan dengan adanya EF di pasir sang kacer mau turun untuk mandi pasir. Perlu diwaspadai jangan sampai sangkar kacer terbalik. Lakukan hal ini dua atau tiga hari sekali.

4. Mandikan kacer lalu berikan jangkrik 5 ekor, kemudian jemur kira-kira sampai jam 11.00 tanpa diberikan makanan dan air minum. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menambah ketebalan suara.

5. Setelah di jemur,gantang di tempat teduh dan angin-anginkan, setelah agak lama masukkan voer, biarkan dia makan, air minum jangan diberikan dulu. Hal ini dimaksudkan agar lendir terbawa masuk saat dia makan.

6. Selang lima belas menit kemudian masukan air madu kira-kira sebanyak setengah tempat minumnya, biarkan sampai habis, baru kemudian ganti dengan air biasa.

7. Sore hari kembali dimandikan, lalu beri 5 ekor jangkrik kemudian di kerodong agar kacer bisa istirahat.

8. Berikan kroto kira-kira satu sendok teh dan diberikan setiap empat hari sekali.

9. Lakukan pengumbaran, agar burung bebas terbang kesana kemari. Tujuannya adalah mengusahakan agar burung serasa berada di alam bebas lebih mirip kandang penangkaran.

Semoga dengan membaca artikel diatas bisa menambah pengetahuan dan mudah-mudahan bermanfaat untuk anda terutama kicau mania pemula yang kebingungan.



Advertisement